Pada mesin sepeda motor yang sedang bekerja tentunya akan terjadi peningkatan suhu sehingga menjadi lebih panas di mana panas tersebutlah yang nantinya akan dirubah menjadi energi kaset sehingga pada akhirnya bisa membuat mesin bisa bekerja dengan optimal. Akan tetapi, tentunya akan menjadi permasalahan ketika panas yang ditimbulkan tidak bisa terkendali.
Efek yang paling fatal dari kenaikan suhu mesin sepeda motor untuk itulah perlu adanya aktivitas guna menghindari suhu mesin sepeda motor yang naik tidak terkendali. Dibutuhkan adanya pendingin udara yang bisa digunakan untuk mendinginkan suhu mesin sepeda motor.
Sistem Kerja Pendingin Pada Sepeda Motor
- Pada saat mesin sepeda motor dinyalakan, maka bagian kipas pendingin yang sudah dipasang pada porosnya akan otomatis berputar sehingga udara bisa dihembuskan ke bagian sirip sirip pendingin.
- Sementara itu, sirkulasi udara di bagian sirip pendingin akan menyebabkan panas terikat oleh udara
- Bagian panas yang terikat itu kemudian akan dipindahkan ke udara bebas serta bisa menjadikan mesin memiliki suhu yang lebih dingin, akan tetapi cara kerja seperti di atas cukuplah efektif ketika mesin sepeda motor masih masuk ke dalam kategori sederhana. Artinya, proses pendinginan udara hanya bisa diterapkan pada sepeda motor yang masih dalam skala kecil.
BKekurangan dan kelebihan pendinginan udara pada sepeda motor
1. Kelebihan pendinginan udara pada sepeda motor
a. Biaya yang lebih hemat
Artinya adalah tidak diperlukan bahan tambahan supaya proses pendinginan pada mesin sepeda motor bisa berlangsung secara optimal. Bisa dibandingkan dengan sepeda motor yang sudah menggunakan radiator yang tentunya membutuhkan cairan khusus yang harus dibeli.
b. Perawatan yang sederhana
Bahkan pada beberapa kasus, pendinginan mesin sepeda motor yang menggunakan udara tidak memerlukan perawatan sama sekali. Asalkan kondisi kisi-kisi atau sirip-sirip kipas dalam keadaan bersih, maka proses pendinginan akan tetap berlangsung dengan baik.
2. Kekurangan pendinginan udara pada sepeda motor
Akan mudah overheat apabila sering mengalami kemacetan
Di daerah perkotaan yang sering mengalami macet, maka rata-rata kinerja mesin sepeda motor akan terganggu karena mengalami overheat. Hal tersebut disebabkan karena rata-rata proses pendinginan mesin sepeda motor juga dibantu dari aliran udara yang bergerak. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar menjaga rpm mesin supaya tidak terlalu tinggi pada saat terjebak macet sehingga mesin sepeda motor bisa tetap dingin hanya dengan mengandalkan kipas saja.
Demikianlah penjabaran singkat tentang cara kerja mesin pendingin pada sepeda motor yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda membaca posting di atas, maka anda bisa lebih memaksimalkan kinerja dari mesin pendingin pada sepeda motor sehingga pada akhirnya suhu dari mesin sepeda motor anda akan tetap terjaga dengan baik dan anda akan lebih mendapatkan kenyamanan di dalam berkendara. Terima kasih dan selamat beraktivitas.
Komentar
Posting Komentar