dorong terus |
Motor dengan teknologi injeksi lebih irit bensin karena sistem pembakaran-nya sudah diatur secara elektronik. Karena sebagian sistem kerjanya di kontrol oleh elektronik, tak sedikit pengendara yang panik kala mengalami kasus mogok di jalan.
Hidupnya motor injeksi memiliki ketergantungan dari kondisi arus listrik yang dialirkan oleh aki. Apabila aki drop, maka tegangan ikut drop, akibatnya arus listrik ke Engine control unit beserta pompa nya mati dan bensin serta pembakaran tidak mengalir, Solusinya ya mesti ganti aki baru.
accu |
Namun, selama lampu indikator enggak memberi sinyal tanda sensor di motor, itu aman-aman saja. Motor injeksi yang mogok enggak perlu didorong. Sebab aki lemah penyebab mesin sulit hidup, masih bisa di akal menggunakan engkol kaki.
Caranya dengan engkol berulang-ulang. Dengan menekan tombol start berulang-ulang, aki yang tekor bisa terisi arus kembali. Arus tersimpan inilah yang bakal membantu proses menghidupkan komponen injeksi serta sensor-nya.
Selain dari aki, kondisi sikring arus aki yang putus juga bisa mengakibatkan motor injeksi mogok. Bila aki bagus, cek penghubung arus, bila hangus ganti dengan cadangan. selain itu sektor pembakaran juga bisa jadi penyebab motor injeksi mogok.
Misal kondisi busi yang sudah buruk atau kemasukan air, bisa menjadi penyebab motor mogok. Solusinya, buka busi lalu bersihkan busi dari kerak hitam, jangan di ampelas, tiup bila tutup kop busi-nya ada air, lalu pasang kembali.
Ada lagi nih penyebab motor injeksi mogok. Selain dari faktor listrik dan pembakaran, biasanya motor injeksi mogok karena kehabisan bensin.
Mesin biasanya sulit menyala walau sudah diisi bensin penuh. Caranya bila kehabisan bensin, setelah mengisi, putar kunci kontak posisi ON selama 4 detik lalu OFF kembali. Lakukan secara berulang 3 sampai 5 kali, tujuannya agar fuel pump memompa bensin,
Nah, jika motor injeksi kamu ingin aman dan terhindar dari mogok di jalan perhatikan keempat hal di atas ya.
Komentar
Posting Komentar