Cek Kondisi Mesin Dari Warna Busi


BUSI MOBIL DAN MESIN MOBIL
Busi mobil memegang peranan yang sangat vital untuk kendaraan kita, busi adalah salah satu sumber dari sistem pengapian mobil kita. Salah satu cara untuk mendiagnosis kondisi mesin mobil kita dalam keadaan sehat atau tidak adalah dengan melihat kepala busi ( Salah satu cara untuk mengetahui busi asli atau palsu juga bisa dilihat dari kepala busi )

KONDISI BUSI MOBIL– KEPALA BUSI penuh dengan oli ( Ring seher/Ring piston dan Seal klepmesin mobil kita bocor/rusak, Kompresi mesin mobil kita menjadi tidak stabil )
– KEPALA BUSI terlalu renggang atau terlalu rapat
– KEPALA BUSI bengkok atau patah

WARNA BUSI DAN KONDISI MESIN MOBILUntuk mengetahui kondisi mesin mobil dapat di lihat dari kondisi dan warna kepala busi:
  • Warna Busi berwarna Coklat. Elektroda coklat bersemu ab-abu berarti busi bekerja normal, namun mendekati batas usia pakai. Sebaiknya ganti baru.
  • Warna Busi berwarna Kekuning-kuningan. Mesin mengalami overheat, sehingga suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Cek peranti pendingin mesin.
  • Warna Busi berwarna Usang. Busi seperti usang dengan sedikit timbunan kerak pada elektroda. Busi telah apkir dan perlu ganti baru.
  • Warna Busi berwarna Kemerahan. Lapisan elektroda terkelupas dengan warna kemerahan, tapi tidak ada kerak. Mesin mengalami ovberheat, periksa kode heat range dan peranti
    pendingin mesin.
  • Warna Busi berwarna Gosong. Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya berwarna gosong. Artinya, setelan bahan bakar tidak benar. Periksa suplai bensin dan peranti kelistrikan lainnya.
  • Warna Busi Meleleh. Elektroda meleleh dan terlihat gosong, akibat busi dengan heat range yang salah. Terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.
  • Warna Busi Berkerak Tebal. Timbunan kerak yang tebal pada elektroda dan kepala busi disebabkan pemakaian bahan bakar yang buruk. Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga ke busi.
  • Warna Busi Basah. Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengnalami detonasi atau ngelitik. Cek timing pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
  • Warna Busi Bengkok. Elektroda menempel pada kepala busi dikarenakan piston menghantam busi. Cek komponen internal mesin.

Komentar