Penggerak roda motor |
1. Rantai
2. Belt
Belt |
Keberadaan belt cukup populer seiring meningkatnya penjualan sepeda motor matik di Indonesia. Hal ini disebabkan karena part tersebut merupakan penyalur tenaga dari mesin ke roda.
Dibanding rantai, perawatan belt terbilang lebih minim karena tertutup. Namun, sekalinya diganti, biaya yang dibutuhkan cukup besar, sekitar Rp100 ribu sampai Rp500 ribu.
Sayangnya, power loss pada belt cukup besar sekitar 10 sampai 15 persen. Tak hanya digunakan pada skutik, beberapa moge juga menggunakan belt, salah satunya ialah Harley Davidson Fat Boy.
3. Shaft
Shaft |
Jenis ini sangat jarang dijumpai di Indonesia. Pasalnya, rata-rata pengguna shaft adalah moge, salah satunya BMW R1200GS.
Dari ketiga final-drive, shaft memiliki efisiensi power loss paling buruk. Tenaga yang hilang bisa mencapai 30 persen.
Meski demikian, shaft diklaim paling minim perawatan, tidak berisik, dan tarikannya terasa lembut. Selain itu, usia part ini juga lebih panjang dibanding rantai dan belt.
Komentar
Posting Komentar