Ini Yang Bikin New Ertiga Lebih Irit, Bisa 20 Km/Liter

Uji irit Ertiga (oto.detik.com)
Mobil baru Suzuki Ertiga membukukan angka konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang cukup irit. Saat dites wartawan, mobil memiliki konsumsi BBM di atas 20 km per liter. Padahal mesin Ertiga model sekarang menjadi lebih besar, yakni 1,5 liter. Dikutip dari oto.detik.com, Sabtu (30/06/2018).
Salah satu faktor penentu mobil kian irit menurut Suzuki adalah penggunaan plaform kendaraan Heartect. 
(oto.detik.com)
Menurut Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel, Heartect poin dasarnya adalah bagaimana membuat sasis yang lebih ringas, lebih rigid dengan penggunaan besi dan baja yang lebih ringan karena komposisi metalnya yang lebih sedikit.
"Platform yang tadinya kotak sekarang menjadi agak trapesium. Karena trapesium itu ada beberapa area yang bisa dikurangi, namun rigidity menjadi naik 10 persen dibandingkan platform yang lama. Bisa merasakan sedikit, perjalanan dari Kuta, body roll sudah mengalami perbaikan dibanding Ertiga sebelumnya, ini adalah salah satu sumbangsih dari Heartect," jelasnya saat ditemui di Kuta, Bali, Jumat (29/6/2018).
(oto.detik.com)
Dengan platform yang lebih ringan tadi, otomatis beban mesin berkurang dan hasilnya konsumsi BBM yang lebih irit. 
"Kalau di platform Heartect, setiap 100 kg pengurangan bobot akan menambah konsumsi BBM 5-6 persen. Sementara dari hasil pengetesan konsumsi BBM mobil secara statik oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) mobil lebih irit 3,3 persen dibanding model lamanya dengan bobot Ertiga yang sekarang berkurang 50 kg, jadi ada korelasinya. Padahal mobil menjadi lebih panjang," ujarnya.
Meski demikian, Suzuki tidak mau menyebutkan berapa bobot sasis Ertiga secara keseluruhan meski ada penurunan total bobot kendaraan sebesar 50 kg.
"Itu kami tidak bisa info sasisnya berapa totalnya, itu data internal," ujar Harold bungkam soal rahasia dapur Ertiga.
Platform ini dikembangkan secara global oleh Suzuki tidak hanya untuk Indonesia dan sudah digunakan pada mobil seperti Ignis dan Baleno. 
Soal mesin, Ertiga menggunakan sebonggol mesin bensin baru dengan kapasitas lebih besar 1,5L menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar, bersama dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.
Selain itu mesin ini memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin K14B yang terdapat pada Ertiga sebelumnya, dalam dimensi yang lebih kecil sehingga memberikan ruang untuk interior yang lebih besar meskipun kapasitasnya lebih tinggi.
Mesin tersebut menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran untuk berkendara yang lebih tenang, dan radiator yang sangat efisien memberikan output yang lebih tinggi serta performa AC yang lebih baik. Dan mesin ini pun dijanjikan bakal mampu menyemburkan 77 kW di RPM 6.000 dan memiliki torsi mencapai 138 di RPM 4.400. 

Komentar