Pakai Penggerak Depan, Xpander Tetap Kuat Bawa Beban Berat

(oto.detik.com)
Mobil-mobil di segmen Multi Purpose Vehicle dahulu biasanya menggunakan penggerak roda belakang untuk menggerakan mesin. Namun seiring tahun berganti, ada beberapa produsen mobil yang justru mengusung penggerak roda depan pada mobil MPVnya, Dikutip dari oto.detik.com, Minggu (29/07/2018).
Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga sudah mulai menggunakan penggerak roda depan. Sementara Toyota Avanza seperti halnya pendatang baru Wuling masih mengusung penggerak roda belakang dengan alasan lebih kuat saat mengangkut beban yang lebih berat.
Namun hal itu tidak serta merta membuat mobil dengan penggerak roda depan menjadi lemah dan tidak berbicara banyak.
"Sebetulnya RWD (Rear Wheel Drive) dan FWD (Front Wheel Drive) itu bukan masalah utama kendaraan MPV. FWD memberikan banyak keuntungan dengan space yang lebih lega kemudian banyaknya tenaga yang tidak terbuang dengan drive train yang pendek dan lain-lain," ungkap Product Ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar. 
"Dunia sudah berubah, geometri mobil bisa disesuaikan FWD, RWD tapi mobil ini (Xpander) memiliki package komplit dengan penampilan menawan dan tenaga luar biasa," jelas Rifat lagi. 
Mitsubishi sendiri ogah kalau Xpander dibilang tidak kuat mengangkat beban karena menggunakan penggerak roda depan. Produsen berlogo tiga berlian itu bahkan membuat visualisasi sendiri berupa aksi Xpander menarik komidi putar seberat 1.2 ton. Sebelumnya Xpander digeber untuk menarik beban dengan total 24 ton sejauh 200 meter. 
Masalah penggerak roda ini selalu menghantui MPV-MPV baru yang meluncur di Tanah Air. Semuanya memiliki pendapatnya masing-masing. Nah tinggal Otolovers saja nih lebih pilih penggerak roda depan atau belakang.

Komentar