- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Modifikasi area mesin jadi salah satu solusi yang dilakukan bikers untuk meningkatkan performa motor. Contohnya pada motor matik, modifikasi yang biasa dilakukan adalah melubangi komplek kampas kopling ganda.
Dijelaskan Muhammad Ikim, dari RI Matic Shop, modifikasi ini untuk meningkatkan akselerasi awal motor. "Dengan melubangi kampas ganda, beratnya jadi lebih ringan," ujar Ikim, di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Dikutip DetikOto (3/9/2018).
Lubang di mangkuk biasanya dibor dengan diameter sekitar 5mm. "Selain bikin bobot jadi lebih ringan, juga bisa mencegah debu menumpuk di daerah kampas kopling dan bisa melepas hawa musim panas lebih cepat," lanjut Ikim.
Meski banyak pengendara motor matik yang melakukan modifikasi melubangi komplek kampas kopling ganda, pabrikan motor tidak menganggapnya.
"Mangkuk (kampas kopling ganda) matik itu sudah di-setting dari pabrikan agar balancenya balance. Mulai keseimbangan yang seimbang buat getaran mesin jadi minim dan dapat mentransmiskan daya mesin secara maksimal," ujar Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division AHM (Astra Honda Motor).
"Sebenarnya", lanjut Wedi, "Jika dudukan (kampas kopling ganda) dilubangi secara asal, maka tuntutlah agar tidak ada keseimbangan lagi, dan efeknya menimbulkan getaran waktu motor standar," pungkasnya.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar