Ciptakan Lapangan Kerja, MINI Serap 300 pekerja Lokal Demi Rakit Countryman di Sunter


Mini Countryman dirakit di Sunter (oto.detik.com)
Setelah merakit BMW di Indonesia, Grup BMW terbaru mulai ikut merakit MINI di Sunter, Jakarta dengan BMW Group Production Network 2 oleh PT Gaya Motor . Memang tidak semua model MINI dirakit di Indonesia, meskipun demikian ada dua model MINI yang dirakit oleh New MINI Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports.
Hal ini menjadi langkah positif, mengingat kedua mobil premium ini tidak lagi benar-benar selesai (CBU). Dan langkah-langkah pastinya BMW Group ini mampu meningkatkan lapangan kerja, kali pertama MINI ini akan ditandai dengan lahirnya 24 unit masing-masing model MINI Countryman, yang melibatkan 300 pekerja tenaga baru.

Mini Countryman dirakit diSunter (oto.detik.com)
"Perakitan dua varian New MINI Cooper Countryman ini melibatkan 300 tenaga kerja baru termasuk teknik dan teknisi yang baru untuk menangani mobil," kata Direktur PT Gaya Motor Ari Mariano yang ditunjuk untuk merakit mobil premium kompak pertama di Indonesia tersebut.
Dikutip DetikOto (8/9/2018) Langkah merakit MINI secara CKD dan juga mendukung keputusan untuk masuk impor mobil CBU ke Indonesia. Terlebih menguatnya Dolar terhadap Rupiah membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk mengintegrasikan kegiatan-kegiatan penting untuk penyesuaian saat ini. 
Produksi mobil CKD online juga memberikan nilai positif untuk Indonesia karena akan sangat menguntungkan. 
"Mobil CKD ini kan membangun fasilitas assembling line dan itu ada nilai tambahnya, hubungan lapangan kerja. Kalau CBU kan nilai tambahnya di luar, ada Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Harjanto, yang dihilangkan pel batch pertama rakitan lokal New MINI Cooper Countryman dan New Cooper Cooper S Countryman Sports.
BMW Group Production Indonesia melalui Head of Corporate Communication, Jodie Otania juga mengatakan selain tenaga kerja dan percontohan MINI di Indonesia ikut mendukung komponen lokal. 
"Baru MINI Cooper Countryman ini juga menggunakan beberapa konten lokal yang belum banyak seperti penggunaan kursi mobil, kabel dan komponen yang terbuat dari plastik," ujar Jodie.

Komentar