Ini Musuh Toyota, Bukan Mobil China atau Eropa


Toyota (oto.detik.com)
Raksasa otomotif dunia, Toyota, menilai saat ini ada perubahan pesaing yang mereka hadapi. Pesaing sesungguhnya Toyota bukan produsen mobil China atau Eropa tapi adalah perusahaan-perusahaan yang mampu membuat atau menciptakan teknologi.
Dikutip DetikOto (15/9/2018) Menurut Toyota mobil otomatis, penggerak alternatif, layanan mobilitas, human robot, adalah area baru dalam persaingan yang tengah berlangsung di dunia industri otomotif. Dan beberapa perusahaan start up seperti kita ketahui tengah mengembangkan layanan yang mungkin di masa depan bisa mengganggu Toyota.

Concept i-series (oto.detik.com)
Toyota sendiri termasuk perusahaan yang selalu mengalami perubahan. Toyota sendiri awalnya sekitar 80 tahun lalu adalah produsen mesin tenun, namun seiring inovasi, Toyota pun bisa menghasilkan mobil-mobil yang menguasai dunia.
Toyota tercatat sebagai pabrikan pertama yang meluncurkan dan memasarkan mobil ramah lingkungan berbasis teknologi hybrid melalui Toyota Prius pada 1997. Kini Toyota tercatat sebagai produsen terbesar mobil hibrida yang angka penjualan sudah mencapai angka di atas 10 juta unit.
Toyota juga merupakan pabrikan pertama yang memproduksi dan memasarkan mobil berteknologi fuel cell vehicle (FCV) berbahan bakar hidrogen melalui peluncuran Toyota Mirai pada 2014 lalu.

Toyota Mirai (oto.detik.com)
Mobil ini mendapat sambutan positif, dan penjualannya diproyeksikan bisa mencapai 300.000 unit pada 2020 mendatang. Toyota meyakini, mobil FCV berbahan bakar hidrogen akan mempunyai kontribusi besar untuk pencapaian target Toyota Enviromental Challenge 2050 yaitu mengurangi emisi CO2 sebesar 90% dari level 2010.
Perjalanan mengembangkan berbagai inovasi selama ini semakin meyakinkan Toyota bahwa mobilitas tidak hanya sebatas mobil, ini adalah tentang cara mengatasi tantangan dan membuat mimpi menjadi kenyataan. Mobilitas bukanlah sebatas menggerakkan manusia dalam arti fisik, tapi juga harus mampu menggerakkan emosional mereka.
Untuk mencapai tujuan itu, perusahaan harus keluar dari konsep kendaraan konvensional, menciptakan bentuk mobilitas baru, untuk mengatasi keterbatasan hari ini dan mencari solusi untuk masalah hari esok.
Sebagai bagian dari Toyota Global, kampanye Start Your Impossible menurut Suryo akan memberikan dampak positif terhadap Toyota Indonesia. Start Your Impossible akan memberi energi baru bagi semangat Let's Go Beyond yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi mewarnai berbagai kegiatan Toyota Indonesia.
Dari data dan fakta selama ini tercatat bahwa sejak eksistensi di Indonesia pada 1971, Toyota selalu berupaya untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap program pembangunan, baik melalui dunia otomotif maupun berbagai program lainnya.
Mulai dari pengembangan Toyota Kijang sebagai kendaraan sederhana atau basic unit vehicle pada 1977, hingga kemudian berkembang menjadi Kijang Innova sebagai kendaraan global. Berbagai produk Toyota juga tercatat sebagai pengguna komponen lokal terbesar, dan juga sebagai eksportir otomotif terbesar.

Komentar