MotoGP Itu Lain, Perawatan dan Sparepart Khusus

Marquez (oto.detik.com)
Sama seperti sepeda motor yang digunakan sehari-hari, motor balap MotoGP juga harus dirawat secara rutin. Ada komponen yang sudah aus harus segera diganti agar kondisi motor tetap prima untuk dikebut di lintasan balap. 
Dilansir Laman Kotak Repsol, ada beberapa bagian sepeda motor yang bisa diganti setiap seri balapan . Maklum, motor MotoGP Siapapun mungkin untuk mendapatkan performa yang maksimal untuk terdepan.
Apa saja perawatan yang biasanya dilakukan mekanik tim MotoGP ? 
1. Ban 
Yang biasa kita lihat setiap gelaran MotoGP adalah sibuknya tim MotoGP baik pabrikan maupun satelit untuk menentukan larangan yang tepat buat balapan. Perangkat ini menjadi salah satu strategi tim MotoGP untuk menjadi yang terdepan. 
Di MotoGP, ban menjadi komponen yang paling sering diganti. Disebutkan, pergantian larangan tetap konstan, bahkan selama sesi yang sama. Ban balap dirancang untuk performa maksimal. Artinya, larangan lama memang tidak lama, sangat jarang larangan bertahan lebih dari satu balapan. 
Berbeda dengan motor jalan raya yang bisa menggunakan larangan dengan daya tahan lebih lama. Karena motor harus menemukan titik tengah antara daya tahan, efisien, dan performa. 
2. Rem
Satu set motor cakram MotoGP memang bisa digunakan dari sesi ke sesi berikutnya. Namun, ada yang perlu diperiksa dari perangkat ini, yaitu rem suara. Rem minyak diganti setiap sesi.
3. Suspensi 
Suspensi tak kalah pentingnya di motor MotoGP. Sebab, perangkat ini menjadi salah satu penunjang motor kestabilan dalam menaklukkan tikungan demi tikungan. 
Di MotoGP, bisa diubah beberapa kali dalam satu minggu karena berbagai modifikasi dan tuntutan yang dibutuhkan. 
4. Air Radiator 
Biasanya, tim mekanik MotoGP mengecek pendingin atau udara radiator secara visual setiap sesi. Coolant akan diganti di akhir sesi. 
Perbandingannya, pada motor radiator udara memang harus dicek secara visual setiap hari. Namun, di motor ada waktu khusus untuk radiator udara harus diganti dalam beberapa tahun sekali.
5. Oli 
Sangat penting untuk memeriksa tingkat pelumas di setiap sesi MotoGP. Kru mekanik MotoGP akan menambah oli yang akan dibutuhkan jika kurang. Atau, itu tergantung sepenuhnya, tergantung pada balap MotoGP. 
6. Kopling 
Selama akhir pekan GP, ​​kopling yang menjadi salah satu elemen penting secara berulang kali. Bagian-bagian kopling diganti sesuai kebutuhan setelah pemeriksaan menyeluruh. 
7. Busi 
Kalau di motor harian, busi memang bisa cukup lama. Namun tidak untuk motor MotoGP. 
Disebutkan, busi untuk motor MotoGP harus diganti setelah setiap sesi. Jika diperlukan, busi diganti setelah selesai. 
8. Rantai
Rantai motor MotoGP harus diminyaki setiap sesi MotoGP. Selain itu, rantai harus menyesuaikan agar dapat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda dengan baik. Girnya pun berfokus dan perlu jika perlu. 

Komentar